SELAMAT DATANG

Selamat Datang di Blog Pribadi Atma Winata Nawawi

Rabu, 20 Juni 2012

MENTARI YANG CERAH



Terasa indah pagi ini, cerah dengan mentari yang terlihat bulat sempurna dengan cahaya yang tidak terlalu menyilaukan, sejuk angin pagi berputar menghembus seraya mereka sibuk berdzikir bertasbih.
Pernahkah kau rasakan suasana yang menyenangkan ini sebelumnya? Mungkin selalu teringat akan saat-saat yang menentramkan itu.
Lalu pernahkan kita teringat akan nasihat-nasihat mulia orang tua kita, dan baru kita rasakan sekarang hikmahnya?. Ataukah mungkin kalimat-kalimat penyejuk hati yang terkadang tiba-tiba mengingatkanmu dan akhirnya hatimupun tersentuh serta jiwamupun rindu akan kedekatan kepadaNya.
Itulah atsar atau jejak kebaikan yang ditinggalkan oleh orang tua kita, dari orang-orang yang terdahulu, dari sahabat yang peduli dengan dirimu. Mereka meninggalkan kenangan indah, meninggalkan pesan kebaikan, membenamkan nasihat yang suatu saat pasti akan menjadi pengingatmu. Orang-orang yang mulia itu tak hanya nasihat yang mereka berikan, tetapi contoh perbuatan baik yang penuh dengan ketaatan kepada sang Pencipta… itulah atsar penuh dengan kebaikan
Atsar kebaikan akan melimpahkan pahala kepada yang meninggalkannya, coba kita renungkan ucapan Baginda Rasulullah Muhammad SAW:
“Siapa yang mencontohkan perbuatan baik dalam Islam, lalu perbuatan itu setelahnya dicontoh (orang lain), maka akan dicatat untuknya pahala seperti pahala orang yang mencontohnya tanpa dikurangi sedikit pun pahala mereka yang mencontoh nya…..(HR. Muslim dari Jarir bin Abdillah ra).
Dan apakah kita ingin masuk ke dalam golongan orang-orang yang didoakan oleh para penghuni  langit dan bumi? Rasulullah telah menjanjikan “Sesungguhnya Allah swt memberi banyak kebaikan, para malaikat-Nya, penghuni langit dan bumi, sampai semut-semut di lubangnya dan ikan-ikan selalu mendoakan orang-orang yang mengajarkan kebaikan kepada orang lain.” (HR. Tirmidzi dari Abu Umamah Al-Bahili)
Tulisan ini sebenarnya adalah nasihat untukku, karena aku yakin aku masih jauh dari orang-orang yang mulia yang mempunyai atsar kebaikan di muka bumi ini. Namun tak salahnya kuberbagi kepada para sahabat, ilmu agamaku tak ada apa-apanya, tapi jika aku menunggu aku mempunyai ilmu yang tinggi baru kemudian aku mengingatkan, mungkin aku takut itu akan terlambat.
Umur umat Nabi Muhammad saw telah ditetapkan tidak panjang..tapi kewajiban untuk saling mengingatkan dan menasehati telah dibebankan kepundak umat islam. Walau takut para sahabat akan pecah hati, tapi insyaAllah dengan niat baik dan membalut dengan kasih sayang kucoba selalu beranikan diri untuk selalu mengingatkan..
Sahabat …
Selamat beribadah..semoga hidup kita yang sesaat penuh dengan makna

Tidak ada komentar: