SELAMAT DATANG

Selamat Datang di Blog Pribadi Atma Winata Nawawi

Kamis, 29 Oktober 2009

DRAFT GARIS BESAR HALUAN PROGRAM – IKATAN ILMUWAN INDONESIA INTERNASIONAL




DRAFT GARIS BESAR HALUAN PROGRAM – IKATAN ILMUWAN INDONESIA INTERNASIONAL

I. PENDAHULUAN

1.1 Pengantar

Berkaryanya dan menetapnya ilmuwan-ilmuwan asal Indonesia di luar negeri adalah sebuah kenyataan. Dengan berkarya dan menetap di luar negeri memungkinkan meningkatnya ilmu pengetahuan, jejaring, pengalaman, dan informasi yang dimiliki oleh para ilmuwan. Fenomena globaliasi dan persaingan bebas dimana semakin mudah berpindahnya barang/manusia/ informasi dari satu tempat ke tempat lainnya harus dapat dimanfaatkan menjadi pendukung brain circulation. Brain circulation mengasumsikan bahwa terjadi sirkulasi manusia, informasi dan Iptek dari negara mereka beraktivitas menuju negara mereka berasal, demikian juga sebaliknya. Ilmuwan asal Indonesia di luar negeri memegang peranan penting sebagai duta bangsa dan memainkan peranan sebagai 2nd track of diplomacy. Sehingga ilmuwan Indonesia di luar negeri melalui Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (I4) diharapkan mampu memanfaatkan fenomena brain circulation untuk berpartisipasi dan berkontribusi secara lintas sektoral untuk pembangunan fisik dan insani untuk mencapai Indonesia yang madani.

1.2 Pengertian
 Garis Besar Haluan Program (GBHP) I4 merupakan suatu garis besar kebijaksanaan yang menyeluruh, terpadu, dan berkesinambungan sebagai sarana untuk mewujudkan visi dan misi I4 yang tercantum dalam Anggaran Dasar I4 dan ditetapkan dalam Rapat Anggota I4.

1.3 Tujuan
 Tujuan ditetapkannya GBHP I4 2009-2010 adalah sebagai arah dan panduan pembuatan agenda dan rencana kerja bagi Dewan Eksekutif I4 untuk melaksanakan kegiatan secara sistematis dan terarah sesuai dengan analisa situasi dan kondisi yang dihadapi I4 sebagai sebuah organisasi yang baru berdiri dan memerlukan berbagai tahapan awal untuk mengumpulkan seluruh sumber daya yang dibutuhkan.

1.4 Landasan
 GBHP I4 disusun berdasarkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga I4.

1.5 Sistematika Penyusunan
 Sistematika GBHP I4 adalah sebagai berikut :

I. Pendahuluan
 1.1 Pengantar
 1.2 Pengertian
 1.3 Tujuan
 1.4 Landasan
 1.5 Sistematika Penyusunan

II. Konsep dan Pola Umum Program I4
 2.1 Bidang Pengembangan Organisasi
 2.2 Bidang Hubungan Kelembagaan dan Kemitraan
 2.3 Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia
 2.4 Bidang Kajian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

III. Konsep Struktur Organisasi I4

IV. Penutup

II. KONSEP DAN POLA UMUM PROGRAM I4

2.1 Bidang Pengembangan Organisasi
 Kerangka Strategis
 Memperkuat kapasitas dan kapabilitas I4 dengan berbagai sumber daya yang tersedia sehingga mampu menanggapi perkembangan dan permasalahan secara optimal.

Rancangan Kerja
 *Prioritas Primer
 1. Pendataan dan klasifikasi ilmuwan Indonesia di luar negeri secara komprehensif dan holistik.
2. Pembuatan situs internet sebagai pusat data yang berisi informasi umum dan spesifik yang dapat diakses publik.
3. Pembuatan media komunikasi internal I4 sehingga setiap anggota I4 dapat bertukar informasi dengan berbagai topik.

* Prioritas Sekunder
 1. Pembuatan media online dan jurnal internal I4 dalam berbagai disiplin keilmuan yang berskala internasional sebagai strategi implementasi ilmuwan Indonesia di luar negeri.
 

2.2 Bidang Hubungan Kelembagaan dan Kemitraan

Kerangka Strategis
 Meningkatkan koordinasi dan kerjasama antar ilmuwan di luar negeri dengan ilmuwan di dalam negeri, elemen pemerintahan, institusi pendidikan tinggi dan institusi riset.
 Rancangan Kerja
 * Prioritas Primer
o Prioritas Sekunder

1. Membentuk perwakilan berupa kesekretariatan di berbagai negara ataupun regional kewilayahan dan Indonesia untuk mendukung proses koordinasi I4.
2. Merancang skema kemitraan antara I4 dengan elemen pemerintahan, institusi riset, dan institusi pendidikan tinggi di Indonesia.
 

1. Mendukung skema ikatan dinas untuk sumber daya manusia di Indonesia dengan pengiriman tugas belajar formal ataupun pelatihan ke luar negeri, sehingga dapat memperkuat daya saing dan memperluas wawasan global.
2. Menginisiasi adanya insentif multi sumber daya (finansial, penempatan kerja dan jejaring) oleh pemerintah untuk ilmuwan Indonesia di luar negeri, sehingga ilmuwan-ilmuwan tersebut dapat kembali ke Indonesia dalam jangka waktu tertentu.
3. Mengumpulkan informasi terkait peluang kerjasama antara instansi di Indonesia (pemerintahan, pendidikan tinggi, pusat riset) dan instansi serupa di negara-negara dimana ilmuwan Indonesia beraktivitas.
4. Meningkatkan kerjasama antara I4 dengan institusi riset, industri, pendidikan tinggi dan institusi lainnya di luar negeri yang kemudian dapat diberdayagunakan.

2.3 Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia

Kerangka Strategis
 Meningkatkan kompetensi ilmuwan Indonesia di luar negeri dengan kegiatan-kegiatan keilmiahan dan implementatif yang dapat diterapkan untuk mendukung pembangunan nasional yang berkelanjutan.

Rancangan Kerja
 * Prioritas Primer
 1. Membuat kegiatan keilmiahan dan profesional dalam berbagai skala yang melibatkan peran aktif ilmuwan Indonesia di luar negeri dalam bidang keilmuan tertentu dan elemen-elemen pendukungnya, yang diadakan di dalam negeri ataupun luar negeri secara berkala.
 Contoh: Konferensi Kebumian, Energi dan Lingkungan di Berlin pada bulan Agustus 2010, sebagai usulan Ir. Agusman Effendi (DEN-RI).

2.4 Bidang Kajian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
 Kerangka Strategis
 Memperkuat kualitas sumber daya manusia di Indonesia melalui proses alih dan transfer ilmu pengetahuan dan teknologi yang disesuaikan dengan identitas dan kearifan nasional.

Rancangan Kerja
 * Prioritas Primer
 1. Mengadakan kegiatan berupa pelatihan, seminar, workshop ataupun kegiatan serupa lainnya di Indonesia yang melibatkan sumber daya manusia di dalam negeri dan difasilitasi oleh I4 dan didukung pemerintah Indonesia dengan topik yang berkaitan dengan tahapan alih dan transfer Iptek.

III. KONSEP STRUKTUR ORGANISASI I4
 Dewan Pembina
 Dewan Pakar
 Dewan Eksekutif
 Ketua
 Wakil Ketua
 Sekretaris I Bidang Administrasi dan Kesekretariatan
 Sekretaris II Bidang Sumber Daya Informasi
 Bendahara I Bidang Internal
 Bendahara II Bidang Eksternal
 Ketua Bidang Kemitraan
 * Kepala Biro Kerjasama Institusi
* Kepala Biro Hubungan Masyarakat
 Ketua Bidang Penelitian dan Pengembangan
 * Kepala Biro Pemberdayaan Organisasi
* Kepala Biro Perencanaan Strategis
* Kepala Biro Pendidikan dan Pelatihan
* Kepala Biro Pengawasan Umum
 Ketua Komisi Sains Dasar
 Ketua Komisi Sains Terapan
 Ketua Komisi Sains Rekayasa
 Ketua Komisi Humaniora
 Ketua Komisi Ilmu Ekonomi
 Ketua Komisi Ilmu Politik
 Ketua Komisi Ilmu Hukum
 Ketua Komisi Iptek Interdisipliner
 Pengurus Wilayah
 Koordinator Kesekretariatan Indonesia
 Koordinator Wilayah Asia Timur
 Koordinator Wilayah Asia Selatan
 Koordinator Wilayah Asia Tenggara
 Koordinator Wilayah Australia, Pasifik dan Oseania
 Koordinator Wilayah Afrika Utara, Sub-Sahara dan Timur Tengah
 Koordinator Wilayah Skandinavia
 Koordinator Wilayah Eropa Barat
 Koordinator Wilayah Eropa Timur
 Koordinator Wilayah Mediterania
 Koordinator Wilayah Amerika Utara, Tengah dan Selatan

IV. PENUTUP

I4 terbangun dari tekad, kerja keras, sikap mental, dan semangat para ilmuwan Indonesia di luar negeri demi perubahan yang lebih baik di Indonesia. Hasil program kerja harus dapat bermanfaat secara nyata bagi masyarakat, bangsa, dan negara tidak hanya untuk saat ini saja tetapi untuk masa-masa selanjutnya. Diharapkan program yang disusun oleh Dewan Eksekutif I4 harus dapat mengembangkan I4 menjadi sebuah organisasi yang memiliki kredibilitas tinggi dan kompeten. Sehubungan dengan itu, Dewan Eksekutif I4 perlu menyusun dan melaksanakan program kerja sesuai dengan bidang dan kemampuannya masing-masing dengan tetap mengacu kepada GBHP I4 untuk mencapai tujuan bersama I4. Kesabaran dan keikhlasan berkarya membawa kita menuju kejayaan bangsa dan negara. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa meridhai rencana, sikap, dan tindakan kita.
 —————–
 Kontributor:
 1. Teuku Reiza Yuanda (Jerman)
2. Dedy Sushandoyo (Swedia)
3. Fadil Fauzulhaq (Rusia)
4. Willy Sakareza (Indonesia)

Tidak ada komentar: